Friday, August 11, 2017

Tips Menata Dapur Yang efisien

Tips Menata Dapur Yang efisien

Seharusnya dapur merupakan tempat yang paling bersih dan rapi. Karena tempat ini merupakan dimana makanan dibuat untuk keluarga. Kini banyak model kitchen set yang dijual dipasaran untuk membantu para ibu rumah tangga menata dapur dan segala peralatannya supaya rapi. Namun tidak semua ibu rumah tangga bisa menata dapur dengan baik. Terkadang mereka hanya mampu menata ala kadarnya saking banyaknya pekerjaan mereka. 

Jika hal ini terjadi pada anda, berikut ada beberapa tips menata dapur yang efisien, diantaranya:

Pembagian area kerja
Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membagi area atau wilayah pada dapur anda. memang terlihat sepele, namun hal ini dapat membantu anda dalam menata dapur. Bagilah dapur anda menjadi lima area. Area pertama bisa anda gunakan untuk menyimpan bahan makanan. Area kedua bisa anda gunakan untuk menyimpan peralatan makan seperti piring, gelas dan sebagainya. Area ketiga bisa anda gunakan sebagai area pembersihan yaitu wastafel misalnya. Area keempat anda gunakan untuk persiapan membuat makanan. Sedangkan area kelima bisa anda gunakan untuk kompor dan oven.

Mengorganisir bumbu masakan
Penyimpanan bumbu dapur juga dapat mempengaruhi kinerja anda ketika memasak. Untuk itu simpanlah bumbu dapur di tempat yang mudah di jangkau seperti didekat kompor atau rak khusus di atas kompor. Simpanlah bumbu di tempat yang tertutup agar tetap terjaga kualitasnya.

Perhatikan sirkulasi udara
Pastikan juga dapur anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Usahakan sinar matahari bisa masuk ke ruangan agar dapur tidak lembab. Anda juga bisa memasang wastafel dekat jendela agar bau sisa makanan bisa terbawa keluar. Kalau perlu anda juga bisa memasang penyedot asap di atas kompor agar asapnya bisa langsung tersedot sehingga dapur tetap segar dan nyaman.

Itulah beberapa tips menata dapur yang efisien. Anda juga bisa Memilih berbagai model kitchen set di IKEA dengan harga yang sangat terjangakau. Selain itu juga IKEA menyediakan berbagai perlengkapan dapur yang berkualitas lainnya.

No comments:

Post a Comment