Monday, April 1, 2019

Solusi Shampo untuk Rambut Berminyak

Image result for shampo untuk rambut berminyak clear
Rambut seperti apa yang lebih Anda sukai, rambut yang berminyak atau tipe rambut yang kering? Rambut yang kering dikenal dapat menurunkan penampilan seseorang, namun bukan berarti memiliki rambut berminyak tidak menimbulkan masalah. Kehadiran minyak pada kulit kepala sebenarnya dapat memberi kesan berkilau pada rambut Anda, namun tidak saat produksi minyak yang dihasilkan justru berlebihan pada rambut. Perlu menggunakan shampo untuk rambut berminyak yang tepat agar dapat mengatasinya. 

Rambut berminyak yang sudah kronis bahkan dapat membuat rambut terlihat sangat kusam dan rentan mengalami kerontokan. Rambut yang berminyak dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya:

1. Kelenjar Keringat 

Pori-pori tubuh termasuk pori-pori kulit kepala memiliki kelenjar keringat yang berperan memproduksi keringat dan berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Keringat pada kulit berguna untuk melindungi kulit dari masuknya bakteri. Rambut berminyak terjadi karena proses produksi keringat pada kulit kepala. Produksi minyak ini dilakukan agar rambut menjadi lebih lembut dan mudah dibentuk.

Namun keringat pada kulit kepala beberapa orang bisa lebih banyak daripada yang lain, bahkan meskipun orang tersebut telah membersihkan rambutnya setiap hari. Bila Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, maka kulit kepala Anda pun cenderung akan berminyak dan membutuhkan shampo untuk rambut berminyak.

2. Hormon dalam Tubuh

Hormon merupakan salah satu penyebab rambut menjadi berminyak. Kulit kepala Anda dapat menjadi semakin mudah berminyak dikarenakan terjadinya fluktuasi hormon dalam tubuh terutama dalam tubuh perempuan. Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh diyakini berdampak terhadap kadar minyak yang ada pada kulit.

3. Rutinitas Perawatan Rambut yang Salah

Cara dalam merawat rambut Anda bisa menjadi salah satu penyebab rambut menjadi berminyak, karena rutinitas yang salah dapat meningkatkan produksi keringat pada kulit kepala. Menggaruk kulit kepala saat membersihkan rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala iritasi sehingga produksi minyak lebih banyak. 

Lalu bagaimana cara mengatasi rambut berminyak? Sebelum memilih shampo untuk rambut berminyak, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu kandungan yang dimiliki shampo tersebut. Penggunaan shampoo dengan kandungan kurang tepat justru dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala. 

Anda dapat menggunakan shampo untuk rambut berminyak dari Clear Institute, Spesialis perawatan kulit kepala yang juga memberikan solusi bagi yang menginginkan shampo anti ketombe terbaik untuk rambut. Demikianlah uraian mengenai penyebab rambut berminyak, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment