Thursday, September 14, 2023

Cara Stimulasi Perkembangan Bayi Usia 3 Sampai 6 Bulan



Memiliki bayi yang usianya 3–6 bulan merupakan masa sedang imut-imutnya, pada masa ini tentu perkembangan bayi harus diberikan stimulasi dengan baik dan tepat. Namun tidak semua orang tahu mengenai cara menstimulasi anak di usia tersebut dengan benar. Sebenarnya untuk cara dalam menstimulasinya itu sangatlah sederhana, bisa dengan aktivitas keseharian yang dimiliki bunda dan buah hati. 

Nah berikut beberapa cara stimulasi yang menyenangkan bagi bayi yang memiliki usia 3- 6 bulan, diantaranya;

Acara Bermain dalam Aktifitas Mengganti Popok

Mengganti popok dan sesudah mandi adalah aktivitas rutin bunda lakukan Bersama dengan bayi yang cukup menyenangkan. Bunda bisa mengajaknya berbicara sambil menggerakkan kaki tangannya. Ajak bicara dengan kata-kata pendek, dengan kata tersebut tentu bayi akan menyadari untuk melakukan sendiri. Untuk popok bayi yang aman dan sangat pas untuk bayi, Bunda bisa memilih MAKUKU. Bayi akan merasa aman dan nyaman dengan popok tersebut.

Menstimulasi Keterampilan motorik

Selanjutnya bunda bisa menstimulasi bayi dari segi keterampilan motoriknya, caranya yaitu dilakukan bisa dengan berulang-ulang memakai otot serta keseimbangan tubuh. Tentu saja ini berguna untuk menguatkan otot bayi dan bisa meningkatkan elastisitas tubuh bayi. 

Kegiatan yang bisa dilakukan yaitu diantaranya seperti berguling, tengkurap, menendang, meraih benda yang ada di samping tubuh pada bagian kanan dan kiri tubuhnya, bisa juga dengan meraih sesuatu yang ada di kakinya dan lainnya secara mandiri tentu saja bisa menguatkan sirkuit neuron bayi.

Memberikan Rangsangan Dengan bermain Wajah

Usia 3 sampai 6 bulan ini biasanya bayi akan sangat suka bermain wajah kita ketika berdekatan dengannya. Anda bisa secara pelan-pelan menggerakkan wajah kita ke berbagai arah, contohnya dari samping ke samping atau kiri ke kanan, kemudian belakang dan depan, bisa juga jauh dan dekat. Anda bisa berbicara dengan bayi tentang apa yang sedang dilakukan. Selain itu bunda juga bisa memvariasikan dengan suara-suara lucu pada saat melakukan gerakan tersebut.

Nah itulah cara stimulasi perkembangan bayi usia 3 sd 6 bulan yang sangat penting bunda ketahui. Stimulan sangat penting sekali bunda berikan loh.


No comments:

Post a Comment