Monday, November 6, 2023

Tips Untuk Orang Tua Baru Mengetahui Posisi Tidur yang Baik Untuk Bayi



Ketika Anda baru menjadi orang tua, akan banyak hal yang mesti dipelajari agar bisa mendukung kenyamanan serta keamanan si kecil di rumah. Salah satu hal yang wajib diketahui adalah, bisa menempatkan posisi tidur yang baik untuk si kecil. 

Karena bila bayi Anda tidur tidak dalam posisi yang tepat, sejatinya akan menimbulkan berbagai resiko yang bisa membahayakan keselamatannya, termasuk terkena ancaman Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi (SIDS). 

Bagaimana Cara Menempatkan Posisi Tidur Bayi yang Baik? 

Berikut adalah cara menempatkan posisi tidur yang baik untuk bayi Anda di rumah. 

  • Posisikan Secara Terlentang

Selalu pastikan bayi Anda tidur dalam posisi yang terlentang atau pada bagian punggung (supine position). Sebab ini merupakan posisi tidur yang dianggap paling aman,dibanding dengan posisi tidur lainnya, seperti posisi tengkurap, menyamping, dan lain sebagainya. 

  • Menjaga Keamanan Tempat Tidurnya

Tempat tidur untuk bayi tentunya akan berbeda karakteristiknya dengan orang dewasa. Tempat tidur yang aman untuk bayi setidaknya harus memiliki permukaan yang datar, keras,kokoh, dan juga bebas dari berbagai benda di sekitarnya. 

  • Hindari Asap Rokok

Jauhkan asap rokok ketika akan menidurkan bayi Anda. Sebab selain akan mencemarkan udara, hal ini juga akan meningkatkan resiko bayi terkena SIDS. 

  • Lampu Kamar yang Redup

Menciptakan kamar tidur yang nyaman tentu akan membantu bayi bisa tidur dengan lebih tenang. Anda bisa meredupkan lampu kamar Anda agar tidak mengganggu konsentrasi bayi untuk tidur lebih cepat dan pulas. 

  • Biarkan Bayi Tidur Sendirian

Upayakan untuk menempatkan bayi Anda di tempat tidur khusus dan jangan bercampur dengan orang dewasa. Karena hal ini akan meningkatkan resiko bayi terkena gangguan ketika ia akan mencoba untuk tertidur lelap.  

Sebagai orang tua, penting untuk bisa  memastikan posisi tidur yang baik bagi buah hatinya agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan untuk menjaga tidur lelapnya, Anda bisa memberikan popok terbaik dari MAKUKU, yang dikenal sebagai popok anti gumpal, anti bocor, dan juga anti ruam.

No comments:

Post a Comment