Sunday, December 23, 2018

Bahan Pengawet Makanan Alami Tanpa Bahan Kimia


Bahan Pengawet Makanan
Makanan yang kita konsumsi sehari - hari memang mengandung Bahan Pengawet Makanan apalagi jika produk pabrikan atau makanan berkemasan. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan pengawet untuk meminimalisir tumbuhnya bakteri yang bisa memicu makanan cepat basi atau asam. Oleh karena itu, bahan pengawet digunakan agar makanan atau minuman bisa bertahan lama. 

Nah, untuk Anda yang masih bingung mencari bahan pengawet yang aman dan tidak menggunakan bahan kimia, bisa coba beberapa bahan pengawet ini untuk makanan atau bahan makanan di rumah Anda:
Bahan Pengawet Makanan
  • Bawang putih, diketahui bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai Bahan Pengawet Makanan karena dapat menghambat tumbuhnya bakteri. Pada bawang putih terkandung alicin yang efektif mematikan gram negatif dan gram positif. Bawang putih mampu mengurangi jumlah bakteri kaliform, aerob, dan mikroorganisme lainnya, sehingga makanan akan bertahan lebih lama atau awet.
  • Lidah buaya, selain dapat dijadikan bahan pembuatan kosmetik atau bahan makanan dan minuman, ternyata lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami karena mengandung enzim oksidase yang dapat membuat makanan tahan lebih lama.
  • Asap Cair atau Liquid Smoke, sebagai antioksidan dan antimikroba yang bersifat fungsional seperti antibakteri, antijamur dan juga anti oksidan. Asap cair ini dapat digunakan untuk mengawetkan daging dan ikan hingga bertahan puluhan hari.
  • Daun gambir, dengan menggunakan daun gambir sebagai bahan pengawet, hal ini untuk menghindari makanan terkena degradasi reaksi oksidasi dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan makanan cepat basi.
  • Air endapan abu merang, biasanya bahan ini digunakan sebagai pengawet mie, caranya mudah sekali dengan membakar merang padi, lalu ambil abunya dan larutkan dengan air, setelah itu endapannya digunakan sebagai bahan pengawet.
Nah, kalau sudah tahu bahan-bahan untuk mengaetkan makanna dari bahan alami Anda bisa mencobanya. Bahan Pengawet Makanan tersebut aman digunakan dan tanpa bahan kimia, sehingga jika Anda memiliki bahan makanan yang banyak dan ingin diawetkan, maka gunakan beberapa bahan tersebut untuk mengawetkannya karena aman dan juga tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

No comments:

Post a Comment