Tuesday, July 16, 2019

3 Resiko Pinjaman Online yang Wajib Anda Pahami!

Image result for Pinjaman Dana Online bfi

Hadirnya pinjaman online terpercaya memberikan angin segar bagi masyarakat karena menawarkan banyak kemudahan dalam mengambil kredit. Namun, sejumlah oknum seperti rentenir online perlu dicermati calon nasabah seiring maraknya kasus pinjaman online. Seiring pertumbuhan Fintech yang luar biasa akhir-akhir ini, rentenir online biasanya semakin berkeliaran. Rentenir online merupakan salah satu dari sekian banyak resiko pinjaman online yang wajib Anda pahami. Adapun risiko lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Bunga Tinggi

Ini fakta yang harus diketahui sejak awal bahwa tingkat bunga pinjaman online relatif tinggi. Bahkan boleh dibilang tinggi sekali. Sampai saat ini, OJK tidak mengatur soal batasan bunga pinjaman online. Tingginya suku bunga diserahkan kepada market player, perusahaan pinjaman online.

Image result for OJK

Perusahaan pinjaman online memiliki alasan sendiri menerapkan bunga setinggi itu. Salah satunya, tingginya resiko nasabah online, akibat kemudahan persyaratan dan kecepatan persetujuan. Selama nasabah peminjam tahu dan berhitung soal bunga yang harus dibayar, seharusnya tidak masalah mengambil pinjaman dengan bunga pinjaman super tinggi.

2. Plafond Pinjaman Kecil

Salah satu resiko pinjaman online adalah plafond tanpa agunan yang tidak besar. Rata – rata dibawah Rp 5 juta per pinjaman. Bahkan beberapa pinjaman online mulai dari 1 juta rupiah dan baru bisa meminta kenaikan plafon setelah mengambil pinjaman beberapa kali. Sifat pinjaman online terpercaya yang cepat dan mudah berimbas pada jumlah plafon yang ditawarkan. Tidak bisa mengambil untuk pinjaman dalam jumlah besar.

3. Data Pribadi di Aplikasi Pinjaman Online

Dalam mengajukan pinjaman online, calon peminjam wajib mengunduh aplikasi pinjaman online. Nasabah mengunduh aplikasi di ponsel dan dari situ mengajukan pinjaman. Tentu saja, cara ini memberikan kemudahan. Kapan saja membutuhkan tinggal buka aplikasi pinjaman online di ponsel dan bisa mengajukan kredit. Namun, resikonya adalah ekspose data-data pribadi di ponsel yang diminta aksesnya oleh perusahaan pinjaman online saat nasabah mengajukan pinjaman.

Nah, demikianlah beberapa resiko pinjaman online yang harus Anda pahami. Memahami proses pinjaman online terpercaya sama dengan menghindari penipuan atau rentenir online yang berkeliaran di media internet dan media sosial.

No comments:

Post a Comment