Tuesday, August 20, 2019

Takut Sama Pinjaman Online Ilegal? Kenali 5 Cirinya Berikut Ini

Related image

Pinjaman online cepat kini begitu hits di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan adanya era digital, kini kamu bisa mendapatkan pinjaman online dengan mudah hanya dengan sekali pencet saja pada smartphone. Dengan adanya kemudahan ini, tentu saja kondisi keuangan masyarakat akan sedikit terbantu tanpa harus bingung meminjam kesana kemari. Namun, untuk melakukan pinjaman dana online, tentu saja kamu harus cermat dalam memilih lembaga pinjaman dana agar tidak merasa dirugikan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia terburu-buru saat meminjam dana online dan tidak memahami aturan yang diberlakukan oleh lembaga tersebut. Akibatnya, banyak yang merasa tertipu karena biaya pelunasan semakin membengkak. Hal ini dikarenakan lembaga dana pinjaman tersebut kemungkinan tidak memiliki status legal alias tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. 

Oleh karena itu, agar kamu tidak terjebak oleh lembaga pinjaman dana illegal, simak beberapa cirinya berikut ini.

1. Perusahaan yang tidak jelas

Ciri pertama yang bisa kamu perhatikan dari lembaga pinjaman ilegal yaitu perusahaan yang tidak jelas. Perusahaan lembaga pinjaman dana ilegal tentu saja tidak akan memberikan identitas aslinya agar tidak mudah dilacak oleh pihak yang berwajib. Biasanya, nama, alamat, dan nomor teleponnya dipalsukan sehingga identitas asli mereka tertutupi.

Related image

2. Pinjaman dana yang cepat cair

Saat melakukan Pinjaman online cepat di lembaga pinjaman yang legal, proses pencairan dana biasanya berlangsung selama 1-2 hari. Namun, lembaga pinjaman dana online yang ilegal biasanya akan melakukan proses pencairan dalam hitungan jam saja tanpa proses verifikasi dan sebagainya.

3. Mencuri data-data nasabah

Lembaga pinjaman dana ilegal akan dengan mudah menyalin data-data nasabah dan menjualnya kepada pihak yang membutuhkan. Selain itu, dengan adanya data-data tersebut, pihak lembaga yang tidak bertanggung jawab tersebut bisa seenaknya menghubungi keluarga atau teman-teman kamu jika kamu telat membayar pelunasan.

4. Bunga yang tinggi

Bunga yang tinggi bisa menjadi salah satu ciri lembaga pinjaman dana ilegal. Lembaga tersebut akan menghitung biaya bunga setiap harinya dengan jumlah yang semakin besar. Dengan begitu, biaya pelunasan pun akan sangat memberatkan sehingga tak jarang membuat nasabah menjadi stress.
Itulah beberapa ciri pinjaman online cepat ilegal. Saat hendak mengajukan pinjaman, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah lembaga yang bersangkutan telah terdaftar OJK atau belum. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment