Monday, August 17, 2020

6 Jenis Bahan Bangunan Semen yang Harus Anda Ketahui

Jenis Bahan Bangunan


Semen adalah salah satu bahan paling penting dalam pembangunan yang berpengaruh pada kualitas bangunan. Jadi semen yang baik dan bagus membantu Anda mendapatkan bangunan yang kuat dan kokoh. Ternyata dalam penerapannya, masih banyak orang yang belum tahu bahwa bahan bangunan satu ini terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenisnya memiliki kegunaan masing-masing. Penting bagi Anda mengetahui jenis bahan bangunan semen agar bisa memilih sesuai kebutuhan. Langsung saja, berikut ini adalah 6 jenis semen yang harus Anda ketahui:


Portland Cement Type I

Portland Cement atau PC type I biasanya digunakan untuk aplikasi material beton. Pasalnya, tidak ada syarat tertentu dalam penggunaannya. Kontraktor sering menggunakan Portland Cement type I untuk pembangunan rumah.

Portland Cement Type II

Berbeda dengan Portland Cement type I, Portland Cement tipe ini digunakan untuk aplikasi beton yang membutuhkan daya tahan terhadap kadar sulfat sedang. Pada umumnya, Portland Cement II digunakan di daerah rawa atau tepi pantai, konstruksi bendungan, serta jembatan yang berhubungan dengan air.

Portland Cement Type V

Portland Cement type V memiliki daya tahan terhadap kadar sulfat yang tinggi. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk pembangunan di daerah rawa dengan tingkat keasaman tinggi atau dermaga yang berbahan kimia.

Portland Composite Cement

Portland Composite Cement atau PCC merupakan jenis bahan bangunan semen yang memiliki kadar panas dehidrasi rendah pada proses pendinginannya. Jadi permukaan beton dan plester bisa lebih rapat dan halus apabila menggunakan PCC.

White Cement

White Cement atau semen putih sering digunakan untuk pekerjaan arsitektur, stucco, cat semen, nat ubin, permukaan teraso, dan lain sebagainya. Semen jenis ini bisa dibilang sebagai jenis semen berkualitas karena magnesium oksidanya rendah.

Oil Well Cement

Oil Well Cement sering digunakan untuk penyekatan pada pengeboran sumur minyak. Kekokohan dan kekuatannya tergantung dari kadar sulfat, suhu, dan juga tekanan.

Itulah 6 jenis bahan bangunan semen yang harus Anda ketahui. Apabila membutuhkan salah satu dari jenis semen di atas, Anda bisa memilih merk terbaik yaitu Semen Tiga Roda. Kualitas dari Semen Tiga Roda tidak perlu diragukan lagi karena sudah berstandar SNI. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkannya di toko bangunan terdekat karena Semen Tiga Roda merupakan merk semen terkenal. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website sementigaroda.com.

No comments:

Post a Comment