Thursday, August 20, 2020

Pola Asuh Anak Untuk Melatih Kemandirian Sejak Dini

pola asuh anak


Mendidik dan memberikan contoh yang baik merupakan sebuah kewajiban bagi orang tua terhadap anak. Sikap dan karakter yang terbentuk tentu berawal dari ruang lingkup keluarga. Perhatian yang diberikan dengan baik tentu membuat Si Kecil  kelak melakukan hal-hal baik yang telah dicontohkan oleh orang tua. 

Salah satu sifat atau karakter yang penting dimiliki adalah kemandirian. Melatih kemandirian tentu diperlukan pola asuh anak yang dilakukan sejak dini untuk membuatnya terbiasa seiring dengan pertumbuhan. Maka dari itu, Bunda perlu memulai untuk melakukan hal-hal berikut ini guna menunjang kemandirian Si Kecil.

Memberi Teladan dengan Mencontohkan Hal-hal Kecil

Anak merupakan seorang peniru yang baik, apalagi pada saat berada di masa-masa keemasannya. Memberikan contoh tentang berbagai macam hal yang dilakukan secara terus-menerus merupakan tips pertama untuk melatih kemandirian anak. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan sangat beragam bahkan dari mulai hal-hal kecil sekalipun. 

pola asuh anak


Misalnya melakukan kegiatan kesehariannya yang dimulai dari bangun tidur hingga saat menjalani aktivitasnya. Sebagai contoh diantaranya dengan mulai mencoba mengajarkan bagaimana cara merapikan tempat tidur, melipat selimut, mengambil makanan dan ataupun minuman, memakai baju, memakai sepatu dan sebagainya.

Memberikan Kesempatan Bagi Anak Melakukan Sesuatu Sendiri

Terkadang Si Kecil yang aktif akan mencoba hal-hal yang telah dicontohkan sebelumnya. Tetapi tentu saja seringkali mengalami kesulitan, misalnya saat memakai sandal atau sepatu. Si Kecil sebenarnya mampu melakukan hal tersebut seorang diri, tetapi membutuhkan waktu yang lebih banyak. 

Hal ini membuat Bunda harus lebih bersabar dengan memberikan waktu dan kesempatan untuk Si Kecil dalam melakukannya. Kesabaran untuk memberikan kesempatan bagi Si Kecil tentu menjadi salah satu proses untuk menumbuhkan keterampilan dalam melakukan berbagai macam hal. 

Memberikan Feedback yang Baik

Satu hal yang perlu Bunda perhatikan saat Si Kecil berhasil untuk melakukan sesuatu seorang diri adalah dengan memberikannya apresiasi. Bentuk apresiasi yang diberikan pun bisa beragam. Mulai dari hal-hal kecil seperti memberikannya pelukan hangat dan karena mampu melakukan pekerjaannya sendiri, ataupun dengan menghadiahkan makanan favoritnya. Apresiasi yang baik ini akan menimbulkan kesan yang baik bagi Si Kecil sehingga membuatnya terpacu untuk mencoba melakukan pekerjaan yang lain seorang diri.

Beberapa hal tersebut merupakan pola asuh anak yang dapat memicu kemandirian sejak dini. Selain pola asuh yang baik, tentu harus dibarengi dengan nutrisi untuk pertumbuhan. Bunda juga dapat mendukung nutrisinya dengan memberikan Dancow Gum, rangkaian susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun. Dancow hadir dengan beragam inovasi dan tentunya rasa yang disukai Si Kecil. 

No comments:

Post a Comment