Thursday, January 26, 2023

5 Ide Content Marketing yang Terbukti Ampuh Dalam Meningkatkan Engagement!


Pembuatan konten bagi sebuah bisnis nyatanya sekarang bisa dijadikan amunisi untuk meningkatkan engagement dengan target audience nya. Tidak heran mengapa jika sekarang sudah muncul istilah content marketing sebagai salah satu strategi digital marketing, yang dinilai ampuh untuk diterapkan di era milenial ini. 

Pemasaran konten ini secara sederhananya dapat didefinisikan sebagai pembuatan berbagai konten yang relevan dengan bisnis yang dijalankan, lalu disebarkan ke berbagai platform digital yang dinilai tepat. 

Biasanya platform digital yang dipilih diantaranya adalah berbagai situs media sosial populer seperti Instagram, Youtube, Tiktok dan lain sebagainya. 

Kalaupun Anda berencana untuk membuat content marketing ini, namun tidak tahu harus buat apa, maka berikut setidaknya ada 6 ide pembuatan konten marketing yang bisa dicoba. 

  1. Pembuatan Konten Ucapan Hari Penting

Ide konten pertama yang bisa Anda coba untuk meningkatkan engagement adalah pembuatan konten ucapan di hari-hari penting.

Dan tentunya ada banyak sekali hari-hari penting yang bisa Anda manfaatkan sebagai momentum pembuatan ide konten yang satu ini. Seperti diantaranya hari besar keagamaan, hari nasional, hari internasional, hari ibu dan lain sebagainya. 

Menariknya, ide pembuatan konten yang satu ini tidak terlalu rumit kok! Cukup membuat visualisasi gambar yang relevan dengan hari penting, dengan tambahan sedikit ucapan dan penambahan gambar logo perusahaan. 


  1. Konten Giveaway

Selanjutnya, Ide konten yang wajib Anda coba adalah dengan mengadakan giveaway kepada para target konsumen bisnis. 

Yang mana giveaway ini sendiri merupakan salah satu metode bagi-bagi hadiah, namun diharuskan pesertanya mengikuti persyaratan yang telah ditentukan. 

Biasanya persyaratan yang harus dilakukan oleh peserta giveaway ini seperti melakukan like, comment, share atau sekedar follow berbagai akun sosial media milik perusahaan. 

Anda juga bisa berkolaborasi dengan para influencer ternama untuk mengadakan giveaway ini, agar bisa lebih menarik atensi yang lebih luas lagi. 

  1. Membuat Konten Perbandingan

Salah satu ide konten yang tidak pernah gagal dalam menarik perhatian dari audience adalah pembuatan konten perbandingan. 

Anda bisa membuat konten perbandingan ini dengan menyajikan perbandingan produk Anda dengan produk kompetitor dalam ranah bisnis yang sama.

Hanya saja, untuk melakukan pembuatan konten yang satu ini Anda mesti berhati-hati. Jangan setelah dibuat, produk Anda lebih banyak minusnya dari produk kompetitor. 

  1. Melakukan Share IGTV

Salah satu platform digital yang sering digandrungi oleh para milenial adalah Instagram. Nah, Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur yang ada di dalam instagram ini untuk ide pembuatan konten selanjutnya.

Dan fitur yang dimaksud adalah share IGTV, yang dapat memungkinkan Anda bisa mengunggah video berdurasi panjang, yang isinya bisa mengenai informasi mengenai produk Anda, sesi wawancara yang relevan dengan bisnis Anda, dan lain sebagainya. 

  1. Konten Pengajuan Pertanyaan

Terakhir, ada pembuatan konten pengajuan pertanyaan yang bisa Anda buat untuk bisa menarik atensi dari target audience bisnis Anda. 

Selain bisa menarik atensi, sejatinya pembuatan konten yang satu ini juga bisa membuat target audience Anda memiliki bonding yang lebih kuat dengan produk yang Anda tawarkan kepada mereka. 

Itulah gambaran mengenai 5 ide content marketing yang bisa Anda coba terapkan sekarang juga. Kalaupun Anda masih ragu dalam melakukan semua ide marketing tersebut sendirian, maka bisa berkonsultasi dulu atau menggunakan jasa dari digital agency ternama saat ini yaitu Ideoworks.

Dengan berisikan tim yang sudah profesional dan berpengalaman dalam dunia digital marketing, tentu saja akan menghasilkan pembuatan konten marketing yang lebih terkonsep dan juga terarah.

So tunggu apalagi? Hubungi nomor customer service Ideoworksnya sekarang juga ya!

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment