Sunday, January 29, 2023

Sedang Hamil? Ini Manfaat Minyak Ikan untuk Orang Dewasa di Masa Kehamilan

 


Minyak ikan merupakan suplemen yang dikenal memberikan manfaat untuk menambah nafsu makan anak dan mencerdaskan otak. Bukan hanya anak-anak saja, ada juga banyak manfaat minyak ikan untuk orang dewasa, termasuk ibu hamil. Memenuhi kebutuhan minyak ikan di masa kehamilan menawarkan berbagai manfaat seperti berikut ini:

Mendukung Perkembangan Otak Janin

Minyak ikan memiliki kandungan omega-3 berupa EPA dan DHA. Manfaat EPA yaitu membantu meningkatkan fungsi jantung, zat anti radang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan DHA berperan mendukung perkembangan otak, mata, serta sistem saraf janin. Itulah sebabnya minyak ikan diyakini dapat meningkatkan perkembangan otak.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Wanita hamil bisa mengalami tekanan darah tinggi yang cukup berbahaya. Bahkan tekanan darah tinggi saat kehamilan bisa berakibat pada preeklamsia. Konsumsi minyak ikan saat kehamilan menjadi salah satu cara menurunkan risiko preeklampsia yang berbahaya untuk ibu hamil.

Menyeimbangkan Hormon Saat Hamil

Di masa kehamilan, wanita mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Salah satu perubahan tersebut membuat zat prostaglandin menurun. Sedangkan manfaat zat tersebut yaitu mengatur produksi hormon. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan membantu menjaga keseimbangan zat prostaglandin. Jadi produksi hormon di tubuh selama kehamilan bisa lebih teratur.

Memperbaiki Suasana Hati

Mood swing atau perubahan suasana hati biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil. Memang terdengar tidak terlalu berbahaya, namun mood swing bisa berpengaruh pada kesehatannya dan menyebabkan depresi. Minyak ikan bisa membantu memperbaiki suasana hati untuk mencegah terjadinya depresi.

Mencegah Alergi Pada Anak

Manfaat minyak ikan yang dikonsumsi selama kehamilan terakhir adalah bisa mencegah alergi pada anak. Kandungan DHA dalam minyak ikan akan ditransfer ke janin. DHA tersebut menjadi salah satu cara mencegah alergi seperti dermatitis atopik, asma, dan rhinitis alergi.

Cukup banyak pilihan suplemen yang mengandung minyak ikan di pasaran. Jika ingin mendapatkan manfaat minyak ikan untuk orang dewasa di atas, pilih produk Blackmores yaitu Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Produk ini aman untuk ibu hamil maupun menyusui. Kandungannya lengkap, bukan hanya minyak ikan tapi juga vitamin dan mineral lain. Dapatkan produknya di toko online kesayangan Anda.

No comments:

Post a Comment