Tuesday, September 24, 2019

Furniture Rumah Yang Aman Bagi Si Kecil

furniture rumah
Memiliki anak yang sehat dan lincah adalah impian setiap pasangan. Namun, seiring semakin aktifnya si kecil, furniture rumah pun harus semakin dipastikan aman. Hal ini agar si kecil tidak terluka karena menabrak perabotan yang tidak aman. Memiliki anak balita dan batita yang aktif dan sehat terkadang membuat orang tua menjadi lebih waspada. 

Si kecil seringkali mengeksplor ruangan tanpa tahu bahwa ada hal-hal yang membahayakan keselamatannya. Misalnya furniture rumah yang tidak aman bagi dirinya. Hal ini harus di antisipasi oleh orang tua. Karenanya, begitu memiliki bayi, Anda sebaiknya mulai memilah perabotan mana saja yang aman bagi Ananda.

Hindari ujung yang runcing

Beberapa jenis furniture rumah memiliki ujung runcing yang menyakitkan jika tertabrak. Misalnya meja makan persegi atau lemari rendah. Jika Anda tidak memungkinkan untuk mengganti perabotan tersebut, lapisilah bagian yang runcing dengan busa dan selotip. Memang akan membuat pemandangan jadi tidak estetik, tapi itu lebih baik daripada melihat kepala Ananda yang berdarah.
furniture rumah
Beri ruangan khusus untuk bermain

Langkah lain yang bisa diambil adalah memberi anak-anak ruang khusus untuk bermain dan bereksplorasi. Bisa jadi di kamar mereka, atau gunakan salah satu ruangan kosong untuk menyimpan mainan mereka dan membiarkan si kecil bermain dengan aktif di sana.

Ajarkan mana permainan di dalam ruangan dan mana yang di luar

Hal ini penting agar Ananda tahu bahwa bermain pun ada aturannya. Biasakan anak bermain permainan yang lebih tenang seperti lego, membaca buku, dll di dalam ruangan. Jika ia memiliki energy berlebih, bawa ia ke luar ruangan untuk bermain lebih lasak. Lari-larian di halaman, misalnya.

Jangan terlalu banyak perabot

Gunakan perabot yang multifungsi agar ruangan tidak terlalu sempit. Manfaatkan space dengan baik agar ruangan bisa cukup luas bagi Ananda yang suka menjelajah.

Pilih perabot yang ramah anak

Jika Anda berkesempatan mengganti perabotan yang lebih aman misalnya cupboard yang memiliki penahan agar si kecil tidak bisa menarik lacinya. Produk Kullen dari Ikea misalnya, memiliki pengait agar lemari dapat dikaitkan ke dinding, jadi lebih aman. Selain itu, Kullen juga bisa dilengkapi dengan Patrull, penahan laci dan kompartemen. Agar si kecil tidak bisa membuka laci sembarang dan mengambil benda-benda di dalamnya.

Furniture rumah yang aman bagi Ananda akan membuat kekhawatiran Anda berkurang saat si kecil mengkesplorasi rumah. Namun tentu saja Anda harus tetap waspada karena si kecil belum mengerti betul konsep aman dan bahaya.

No comments:

Post a Comment