Friday, September 11, 2020

Dampak Positif dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

kecanduan gadget


Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi serta kehadiran gadget yang semakin canggih dari tahun ke tahun, terkadang menjadi hal yang membuat orang takut anak mereka kecanduan gadget. Hal tersebut tentunya bagi seorang Ibu atau Ayah tentunya wajar. Karena sebagai orang tua mereka ingin membuat mereka menjadi orang lebih baik dari mereka.

Namun disisi lain harus menyadari bahwa dengan adanya gadget, tidak selalu memiliki kesan negatif, namun dengan adanya gadget tersebut mempunyai hal positifnya serta manfaat ketika menggunakan gadget untuk si kecil.

Sebagai contoh, dengan adanya gawai yang mereka pakai, si kecil pun bisa lebih tahu banyak informasi yang edukasi di disana. Namun walaupun demikian tetap harus dibimbing orang tua sehingga mereka dapat terarah.

kecanduan gadget

Daripada membicarakan hal – hal negatif berikut ini ada dampak positifnya anak menggunakan gadget di kesehariannya, berikut ulasannya.

Membuat Si Kecil Lebih Pintar Untuk Memilih Informasi

Ketika sudah masuk sekolah tentunya penggunaan gadget pun diperlukan serta dengan begitu mereka bisa dengan mudah mendapatkan informasi lebih banyak. Terutama si kecil juga mesti memahami perkembangan di lingkungan sekitar mereka upaya kaya akan informasi dan pengetahuannya.

Akan tetapi, sebagai orang tua tentunya tetap harus mengawasi si kecil tentang apa saja yang mereka akses ketika mencari banyak informasi menggunakan gawai tersebut, supaya kecanduan gadget yang dikhawatirkan pun bisa dihindari. Walaupun bisa memberikan sisi positif. Alangkah baiknya tetap diawasi supaya mereka tidak mengakses konten yang memang tidak sesuai dengan usia mereka.

Melatih Cara Berpikir Anak Supaya Bisa Lebih Kritis

Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi pastinya bisa membantu si kecil untuk bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak bahkan juga bisa lebih signifikan, sebagai orang tua tentunya Anda harus mengetahui bahwa kemampuan tersebut bisa membantu si kecil supaya bisa meningkatkan keterampilan berpikirnya di masa nanti, terutama untuk memecahkan sebuah masalah.

Itulah informasi yang bisa dibagi untuk Anda soal sisi positif anak bermain gadget. Semoga dengan adanya ini, kecanduan gadget yang Anda khawatirkan  bisa terobati dan Anda bisa lebih terbuka ternyata ada sisi positifnya walaupun tetap harus diawasi.

No comments:

Post a Comment