Thursday, October 1, 2020

Empat Cara Melatih Kecerdasan Bahasa Pada Anak Usia Dini

kecerdasan bahasa

Bunda, sebagai orangtua pastinya senang bila si buah hati sudah mampu berbicara dengan lancar bahkan sistematis. Bahkan kebahagian Bunda akan lebih lagi bila mengetahui anak sudah rajin menulis dan membaca. Karena hal tersebut yang menjadi tanda kalau si buah hati memiliki kecerdasan bahasa yang sangat bagus. 

Namun sebaliknya, bila anak lebih banyak diam dan tidak suka berbicara, atau malas dan tidak memiliki hobi menulis. Bunda sudah harus berantisipasi untuk menindaklanjuti anak yang mengalami permasalahan dengan kecerdasan bahasa.

Dan untuk membentuk kecerdasan anak-anak bahasa yang bagus, Bunda dan juga harus rutin untuk mempraktikkan empat cara atau metode berikut ini. Diantaranya:

kecerdasan bahasa

Metode Bertanya 

Jika biasanya anak yang selalu banyak bertanya dan ingin tahu, maka untuk metode yang ini bis Bunda gunakan untuk memancing anak dengan beragam pertanyaan. Adapun metode ini dilakukan adalah metode dasar untuk melatih dan mengasah kecerdasan berbicara pada anak.

Anak-anak akan dilatih untuk menjawab pertanyaan orangtua, bahkan bisa juga mengungkapkan pikiran dan perasaannya melalui bahasa lisan. Bila metode bertanya ini sering dilakukan oleh orang tua, maka anak-anak pun akan terbiasa untuk menjawab, dan yang jelas akan melatih kemampuan bahasa lisan mereka.

Metode Bernyanyi 

Hampir setiap anak sangat suka bernyanyi, hal tersebut dikarenakan dalam bait-bait lagu ada bahasa yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Dengan birama yang unik untuk dinyanyikan akan membuat anak tertarik dan terus mencoba menyanyikan lagu yang sama dengan orangtuanya. Dan saat anak sering menyanyi inilah yang akan membuat kecerdasan bahasa pada anak akan terus meningkat.

Metode Bercerita

Sempatkan waktu untuk bercerita pada anak, karena saat Bunda bercerita anak akan dengan seksama mendengarkan. Saat mendengar cerita itulah anak akan menangkap dan memahami ratusan kata bahkan ribuan kata dari cerita yang Bunda bacakan.

Metode Bermain

Atau Bunda juga bisa mengajak anak bermain, karena dengan bermain bersama anak sebenarnya anak sedang berinteraksi secara langsung. Dengan interaksi langsung tersebutlah pemahaman anak terhadap kosakata semakin meningkat dan kaya. 

Demikianlah empat cara atau metode untuk mengasah kecerdasan bahasa pada anak di usia dini. Dengan terbentuknya kecerdasan berbahasa yang baik pada anak, maka anak akan lebih terampil dalam menyimak, berbicara, menulis, bahkan membaca. Seimbangkan kecerdasannya susu Dancow yang kaya akan nutrisi dan vitamin untuk kesehatan tubuh anak, selamat mencoba Bunda!

No comments:

Post a Comment