Monday, October 28, 2019

Inilah Yang Diperhatikan Saat Pemeriksaan Janin

kondisi janin
Selama mengandung, pemeriksaan mengenai kondisi jabang bayi atau janin itu sangat penting. Tentunya pemeriksaan ini adalah untuk memantau bagaimana tumbuh kembang janin di dalam perut anda. jangan sekali kali anda lalai dalam memantau kondisi jabang bayi anda di dalam perut. Karena tidak sedikit ada janin yang tiba tiba meninggal dunia di dalam Rahim dikarenakan kondisi yang tidak terpantau selama kehamilan, sehingga saat janin mengalami kelainan tidak diketahui sejak dini. 

Mengenai perkembangan dan tumbuh janin di dalam perut juga anda bisa cari informasinya di website resmi bidan sela yaitu di alamat web bidansela.com.  adapun hal hal yang akan diperiksa dan diperhatikan pada janin adalah sebagai berikut :
kondisi janin
1. detak jantung

Saat janin sudah mulai memasuki trimester kedua maka yang pertama kali akan diperiksa dan diperhatikan adalah detak jantungnya. Memeriksa detak jantung janin itu sangat penting untuk memastikan jika janin dalam kondisi bernyawa. 

Selain itu detak jantung janin juga akan diperhatikan apakah terlalu cepat atau terlalu lambat atau bahkan normal normal saja. jika detak jantung janin tidak normal maka akan dilakukan tindakan lebih lanjut oleh bidan atau dokter spesialis kandungan.

2. berat badan

Sejak dalam kandungan berat badan janin harus selalu di kontrol. Hal ini untuk mendeteksi apakah janin sudah cukup nutrisi atau tidak obesitas. Jika tidak terkontrol bisa jadi berat badan janin dibawah rata rata atau bahkan terlalu berat atau dalam hal ini adalah diatas rata rata. Jika berat badan janin tidak ideal, dikhawatirkan bayi akan mengalami gangguan di dalam Rahim. 

Apabila berat badan di bawah rata rata, maka penangannya adalah ibu nya harus mengonsumsi banyak makanan bergizi, sebaliknya jika sang janin sudah obesitas maka perlu ada diet yang dilakukan ibu hamil di bawah bimbingan bidan.

Itulah beberapa hal yang diperhatikan dalam pemeriksaan kondisi janin  yang tidak boleh dilewatkan ibu hamil. tentunya tujuannya adalah untuk menjaga supaya janin tetap sehat dan tumbuh kembang dengan baik.

No comments:

Post a Comment